Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ubuntu

Admin 19:21

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Ubuntu

Tutorial ini ditujukan bagi pengguna Ubuntu dengan desktop environment Unity ( versi 11.04 ke atas). Jika kamu menggunakan Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, atau turunan Ubuntu lainnya, mungkin beberapa pengaturan di bawah ini tidak bisa diterapkan.

1. Melakukan Update System

Hal pertama yang harus kita lakukan setelah install Ubuntu adalah melakukan udpate system. Ini sangat penting dilakukan agar software sistem atau paket-paket software pendukung lainnya bisa diperbarui dan up to date. “Saya sudah menginstall Ubuntu versi terbaru, apakah perlu melakukan Update System?
Sangat perlu, walaupun kita menggunakan Ubuntu versi terbaru, namun kita tetap diharuskan untuk melakukan update. Alasannya adalah antara hari pertama dirilis dan hari kamu mendownload file ISO, mungkin sudah ada banyak update.
Jadi, update sistem tidak hanya dilakukan sekali setelah install Ubuntu saja, kita wajib melakukannya setiap ada update terbaru yang tersedia. Ini sangat penting dilakukan untuk alasan keamanan.

2. Install Ubuntu Restricted Extras Untuk Media Codec

Setelah melakukan instalasi Ubuntu, kita tidak bisa memutar file multimedia seperti MP3, MP4, AVI dan beberapa format file musik dan video lainnya. Oleh karena  itu kita perlu memasang Ubuntu  Restricted Extras yang terdiri dari beberapa paket codec untuk dukungan multimedia dan flash.
Secara default, Ubuntu Restricted Extras tidak disertakan ke dalam sistem Ubuntu, hal ini disebabkan oleh pembatasan hukum di beberapa negara. Untuk menghindari masalah hukum, pihak Ubuntu tidak menyertakannya ke dalam instalasi default. Berikut perintah untuk menginstall codec:
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras
Atau bisa juga dengan cara memutar salah satu video atau musik, lalu akan muncul pemberitahuan “Install extra multimedia plugin?”, klik saja tombol Install.
hal yang harus dilakukan setelah install ubuntu
Selain itu, admin juga menyarankan kamu untuk menginstall versi unrestricted dari libavcodec. Ini dilakukan agar tidak terjadi masalah atau missing codec ketika kamu mengedit video atau convert video nantinya. Berikut perintah untuk memasangnya.
sudo apt-get install libavcodec-extra

3. Tambahkan Canonical Partners di Repositori Software

Untuk kebutuhan software, Ubuntu menyediakan beragam aplikasi yang tersedia pada repositorinya. Kamu bisa melihat daftar aplikasi tersebut di Software Center. Selain itu, Ubuntu juga memiliki repositori terpisah untuk aplikasi pihak ketiga.
Dengan menambahkan Canonical Partners di repositori software, kamu bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi populer lainnya seperti Skype, dan lain-lain. Caranya buka Unity Dash (pencarian program), masuk ke Software & Updates ->pindah ke tab Other Software -> centang pada pilihan Canonical Partners, setelah itu masukkan password kamu.
hal yang harus dilakukan setelah install ubuntu

Kemudian klik tombol Close, lalu Ubuntu akan memperbarui Software Source. Pastikan koneksi internet kamu dalam keadaan baik. Terakhir, buka Software Center dan kamu akan menemukan lebih banyak software untuk diinstal.

4. Install Unity Tweak Tool

Unity Tweak Tool merupakan salah satu tool yang wajib dimiliki oleh pengguna Ubuntu. Fungsinya adalah untuk memodifikasi tampilan Unity. Misalnya mengganti tema, icon, mengganti font sistem, background, cursor, efek Unity dan masih banyak lagi. Untuk memasangnya ketikkan perintah terminal di bawah ini:
sudo apt-get install unity-tweak-tool
Atau bisa juga diinstall langsung melalui Ubuntu Software Center.

5. Install Ubuntu Tweak

Fungsi Ubuntu Tweak adalah untuk membersihkan atau menghapus cache browser, thumbnail, apt, dan software center. Selain itu, Ubuntu Tweak juga ampuh membersihkan sisa-sisa package yang tidak dibutuhkan. Kurang lebih tool ini mirip dengan Ccleaner di komputer Windows.
Untuk menginstallnya silakan buka terminal, lalu ketikkan beberapa baris perintah di bawah ini:
sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

6. Install Software Pemutar Video Terbaik

Secara default, Ubuntu telah menyertakan aplikasi pemutar video bawaan. Tetapi admin merasa kurang puas karena minimnya fitur yang terdapat di dalamnya. Sebagai alternatif jika kamu tidak menyukai video player bawaan, kamu bisa memilih salah satu dari dua software pemutar video terbaik di Ubuntu, yakni  VLC dan Smplayer.
VLC Player memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pemutar video bawaan. Misalnya mendukung banyak codec video, dapat memutar segala format video dan musik, melakukan streaming, converting, ringan dan tentunya gratis.
Smplayer sangat cocok sebagai pilihan alternatif kedua setelah VLC. Selain memiliki fitur yang hampir sama dengan VLC, Smplayer terbilang lebih ringan sehingga cocok digunakan pada komputer spek rendah.
Untuk menginstall VLC atau Smplayer kita bisa mendapatkannya di Software Center, atau bisa juga lewat terminal.

7. Install Software Download Manager

Buat kamu yang suka mendownload file lewat komputer Windows, tentu tidak asing lagi dengan software yang bernama Internet Download Manager (IDM). Tetapi sayangnya IDM tidak tersedia di Linux. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama Uget.
UGet bisa kamu dapatkan secara gratis lewat Software Center. Untuk fiturnya sendiri tidak jauh berbeda dengan IDM di Windows. Kita bisa melakukan management download seperti pause dan resume, dan lain-lain. Untuk kecepatannya juga tidak kalah dengan IDM.

8. Install GIMP dan Inkscape (Alternatif Photoshop dan CorelDraw)

Untuk masalah photo editing kamu pasti sudah sering menggunakan aplikasi edit foto paling powerfull di Windows, yakni Adobe Photoshop. Di Linux, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama GIMP sebagai alternatif. GIMP memiliki fitur yang tak kalah canggihnya dibandingkan Photoshop, dan tentunya gratis.
Selain software photo editing, kamu juga butuh software yang bernama Inkscape. Aplikasi ini kurang lebih mirip dengan CorelDraw di Windows. Jadi, buat kamu yang suka membuat logo atau desain grafis, wajib untuk memiliki aplikasi yang satu ini.
Kedua software di atas bisa kita install langsung melalui Software Center.

9. Install Aplikasi Web Browser Terbaik

Secara default, Ubuntu telah menyertakan Mozilla Firefox dalam installer-nya. Firefox merupakan web browser yang sangat populer saat ini. Namun terkadang ada juga beberapa orang yang membutuhkan lebih dari satu aplikasi web browser.
Sebagai alternatif, kamu bisa menginstall aplikasi web browser terbaik lainnya seperti Google Chrome atau Chromium. Untuk Google Chrome bisa kamu unduh melalui situs resminya di sini. Sedangkan Chromium bisa diunduh melalui Software Center.

10. Install Aplikasi Office Terbaik

Sebagai pengguna komputer untuk pekerjaan sehari-hari, kita tidak terlepas dengan software yang bernama Office. Jika di Windows kita lebih akrab dengan Microsoft Office,  di Ubuntu kita bisa menggunakan LibreOffice yang secara default sudah disertakan dalam paket instalasi Ubuntu. Fiturnya pun juga tak kalah keren dibandingkan dengan MS Office.
Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan WPS Office yang bisa didapatkan secara gratis di sini. WPS Office juga menyediakan beragam fitur menarik yang siap menunjang pekerjaan kamu sehari-hari.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu dilakaukan setelah menginstall Ubuntu. Selain yang admin jelaskan di atas, mungkin masih ada beberapa hal penting lainnya yang perlu kita lakukan agar Ubuntu dapat bekerja dengan optimal. 

Sumber : https://www.konyoha.com/hal-yang-harus-dilakukan-setelah-install-ubuntu/
Previous
Next Post »
0 Komentar